Quota Telkomsel Flash Turun membawa bencana

Ups.. menulis lagi juga di blog kesayanganku yang lama terlupakan ini. Mungkin memang ngak bakal nulis kalo ngak ada yang penting.

Hari ini saya betul betul kecewa dengan layanan telkomsel flash. Dimana quota diturunkan dari 1GB menjadi 500MB. Itu Kata temen2 yang pake flash. Kebetulan saya pake Telkomsel Cooporate yang quotanya lebih banyak [3GB], meskipun untuk mendapatkan harus lewat perusahaan yang memesan secara kolektif.  Tapi, meskipun katanya quota nya 3GB. saya sudah kedodoran di saat transfer data saya baru 800MB untuk kerja biasa tanpa aktifitas download berarti…………….    Oh..good.. Trik macam mana pula ini.. Meskipun quota diturunkan setengah, saya belum mencapai 1,5 GB sekalipun. Berikut gambar performance flash yang makin kacau setelah penurunan quota ini.

flash-jpg

Kenapa segitu keselnya. Karena beberapa hari sebelum mendapat info ini. Saya masik asyik menggembor-gemborkan enaknya pake flash dan membantu getok tular marketing ke produk satu ini. Akhirnya saya jadi bahan tertawaan teman-taman setalah kejadian ini..

Sebelum ada perbaikan dari provider satu ini. saya tekankan disini. Jangan membeli layanan TELKOMSEL FLASH sebelum ada perbaikan. Ini saran saya secara pribadi hanya untuk orang2 yang mempercayai kata-kata saya. biar ngak dituntut mencemarkan nama baek perusahaan yang memang layanan nya sudah tidak baek. :D

Kenapa bisa menjadi bencana? ok. ini bukan sekedar urusan koneksi, bukan sekedar urusan bandwidth. Ini masalah layanan konsumen. Sebulan saya menghabiskan hampir 1.800.000 rupiah untuk koneksi internet 2 speedy office unlimited dan 1 flash corrporate ini. Uang yang lumayan besar untuk dibayarkan ke “sebuah perusahaan” yang kl dilihat dari harganya mungkin hampir setara dengan sebuah hosting dedicated server yang mampu menghandle serbuan 150.000 pengunjung sehari. Mungkin bukan bencana bagi saya saja. Tapi ribuan atau jutaan pelanggan telkomsel flash yang lain…

Sekarang,saya harus kembali ke kantor untuk sekedar mendapat koneksi internet speedy office tadi  yang jaraknya sampai 45 menit dari rumah. Saya sudah mengurangi produktifitas saya selama 1.5 jam sehari. . Iseng saya cek speedtest.. Speedy yang katanya 1000 kbps, ternyata hanya bisa mentok di  160 kbps, berati cuman sekitar 20 Kilo Bytes per detik… heheheh    (berikut gambarnya di bawah koneksi speedy yang saya test)

Catatan. test diambil tanpa menghidupkan aplikasi lain yang memakai koneksi internet, termasuk update virus di backgroud saya matikan. Koneksi saya pakai sendiri. Dan line tidak bermasalah, karena line ini dulu saya pakai biasa menembus 70 – 80 KBps

Ternyata ngak flash aja… Speedy pun makin buruk..       Pikir saya, Pantes negara ini ga maju maju. Kl ga macet, antre ngurus surat surat, telekomunikasi ga berkualitas.. Tapi… kl udah urusan membela kepentingan orang besar, trilyunan rupiah ngucur seperti kasus bank centaury. Payah…

JIka layanan anda terganggu, Berhentilah Promosi “dulu”..  Yang tambah bikin saya geram, setelah kualitas layanan memburuk, di sebuah koran lokal daerah saya, ada iklan berwarna 1 halaman penuh, yang memasarkan paket-paket layanan telkomsel flash.  Salah satunya paket 900.000 an modem Up to 7.2 Mbps dan gratis 300 MB sebulan..

Jangan bodohi rakyat dengan angka-angka… Hal yang satu ini memang saya benci dari dulu saat kampanye pilpres. Tiba2 semua departemen bikin iklan. sekarang mana ada lagi.. hehehe…  Ada apa dengan angka? oke, mari kita berhitung sedikit…

Layanan ini mengklaim berbagai teknologi terbaru HSUPA HSDPA WCDMA yang dengan tulisan tebal dan segede gajah sering paling ditonjolkan di iklan produk dengan speed up to 7.2 Mbps. Kenapa bagi saya lucu.. Layanan paket yang baru saja bikin ribut di forum-forum sekarang dari 1GB menjadi 500MB.

7.2 Mbps – Mega Bit Per Second (meskipun hanya dalam negeri dongeng bisa terwujud) jika memang benar tercapai berarti sekitar 900 KBps (Kilo Byte Per Second) karena 1byte = 8 bit, anda akan hanya memerlukan waktu kurang dari 10 menit untuk menghabiskan quota anda sebulan yang 500 MB kl dipakai full speed.

heheheh…. lucu banget yach… timpang banget pokoknya… ;) )… ya udah.. kl anda tuduh saya terlalu ideal.. saya bagi 4 speed yang dari claim… berarti sekitar 1.8 Mbps… berakti quota anda sebulan bisa habis dalam 40 menit full speed pemakaian misal untuk download…  Ini kebiasaan buruknya, Mengklaim teknologinya yang hebat, tapi memasarkan layanan yang ngak mampu memenuhi claim teknologi tersebut.

Kenapa bisa begitu, Iya…Teknologi yang ada dan masuk ke indonesia memang sudah setara dengan yang ada di luar, tetapi.. sekali lagi tetapi, layanan yang ada tak secanggih teknologinya…  Bagi saya lucu aja… yang dipromosikan ama yang disediakan kok bisa timpang amat… Pantes banyak yang marah2…

Intinya. Pihak pihak yang ada di industri ini, sebaiknya berhentilah melakukan pemasaran offer selling yang hanya menggaet pelanggan sebanyak-banyakanya tanpa melihat kapasitas yang dimiliki. Kalau lebar pita data anda kurang mending hentikan dulu penjualan. Kasian pelanggan setia anda harus susah payah bersabar diri, dari buruknya layanan yang ada.. Pelanggan barupun mungkin akan terakhir kalinya memakai layanan anda. Setiap sen yang konsumen keluarkan berarti sebuah tanggung jawab anda memberikan layanan yang bagus.

Kalau ada yang inging mengeluarkan unek-unek dan kekesalalnya juga.. silahkan sampaikan di komentar.  Inget sopan yach… Masih inget kasus bu prita kan… Negara ini udah seperti kembali ke rezim pak Harto.. hehehe..

salam;)

49 thoughts on “Quota Telkomsel Flash Turun membawa bencana

  1. wekekeke, saran-nya ditujukan buat “yang percaya kata-kata anda saja” yah :D

    Tapi pembuktian anda di tampilan gambar SpeedTest.net itu sepertinya salah sasaran..
    Kenapa?
    Karena setahu saya Speedy itu punya PT Telekomunikasi Indonesia, sementara yang di gambar adalah
    PT Telecomunikasi Indonesia :) )
    (ini dah blunder sejak taon jebot sebenarnya)

    oke..oke..
    Masalah angka-angka yang digembar-gemborkan, emang benar-benar memikat pasar, walaupun (seperti yang ditulis disini), layanannya tidak secanggih teknologinya. Dan setuju sekali dengan pengangkatan ini sebagai isu masalah konsumen.

    Bisa dibayangkan kerugian orang-orang yang berinvestasi untuk akses internet ini. Alih-alih memperoleh layanan lebih, ternyata harus kecewa dan berdongkol hati melihat orang-orang seperti saya (yang adem-adem aja, merasa puas dengan jatah internet gratisan :-p )

  2. wakakakakak,,,, pas keselnya aja komplain…waekekeke
    telkomsel flash tetap yahooood pak ketut…
    kalo anda butuh lagi saya bisa bantu…

  3. Saya merupakan pengguna Telkomsel FLash Unlimited seharga 225rb/bulan dengan kuota 2GB.. Jujur saya merasa sangat tertipu dengan promosi T-Flash yg menurunkan kuota menjadi 1GB tanpa pemberitahunan, menurut saya penurunan kuota ini seharusnya dikompensasi dengan menurunnya tarif atau perbaikan jaringan.. Namun yg saya rasakan justru sebaliknya, jaringan flash di daerah Bogor sangat buruk! Kecepatan download hanya mancapai dibawah 5kb, browsing membuka facebook dan google pun sangaat lama, jangan harap bisa membuka situs youtube untuk video streaming, harus bersabar menunggu berjam jam untuk menonton video yg durasinya ‘cuma’ 5 menit.
    Seperti inikah layanan Telkomsel? Menurunkan tarif seenaknya tanpa ada pemeberitahuan ataupun perbaikan? dan parahnya setelah dirugigan dengan pembohongan kini kami juga dirugikan dengan kecepatan yg buruk? (padahal tertera HSDPA, namun kecepatannya dibawah GPRS)

  4. Ada apa dengan angka? oke, mari kita berhitung sedikit…
    Saya sudah mengumpulkan data akurat untk temen2 yang complain. Mungkin anda angka ke sekian …. hehehhe
    Signal koneksi saya HSDPA 5 bar bos… tpi koneksinya siput …..
    Semoga flash berbenah diri segera, sebelum banyak pelanggan setianya kabur. Termasuk saya yang sudah langganan sejak tahun 2000 ( flash belum ada ya?) :D

  5. wekkk….kkkk kirain cuman ane doang nyang kuciwa.,ternyata ada temannya juga…,insya alloh bulan depan mo tak tutup telkomsel flash ane.

    nyang paling ngeselin ane baru tahu kalo telkomsel flash ada penurunan jadi 500 mega setelah komplain ke CSO.

  6. Nyesel dech pakai telkomflash, sangat lemooooot sekali banget!!!!!! Balapan dengan siput atau kura-kura pasti kalah. Ndak sebanding dengan promosinya. Yakin ini program tipu-tipu konsumen, yang ditawarkan mengkilap, tapi nyatanya sampah juga. Dah lemot sering putus lagi, siapa yang mo bela jika dikatakan sampah?

  7. akhirnya terbuka juga pemikiran orang indonesia untuk bersikap lebih kritis terhadap provider…

    Setelah sebelumnya selama sekian puluh tahun kita dibodohi dengan tarif SMS yang ternyata sangat mahal sekali tarifnya di 1ndONEsia, sekarang ada salah satu provider yang se-enaknya memainkan kontrak kerjasama yang telah terjalin dengan jutaan pelanggan internet unlimited tanpa mengindahkan dari sisi pengguna.
    Memang saya juga sangat yakin bahwa dalam perjanjian kerjasama itu pasti tertera klausul bahwa jika ada perubahan, maka provider akan melaksanakan itu tanpa menunggu persetujuan dari pihak pengguna (kita), namun janganlah provider itu mengindahkan besarnya efek dari ketidakpuasan pelanggan. Selanjutnya, hukuman apa yang pantas kita berikan kepada provider yang bertingkah seenaknya?

    salam.

  8. Saya jg termasuk pelanggan Flash unlimited Basic, kaget setelah mendengar penjelasan dari CS Caroline bahwa kuota turun dari 2GB menjadi 500 MB. Apa-apaan tuh. Bner-bener mengecewakan.
    Sebelumnya saya ambil flash karena dari jaringannya ok, jarang ada masalah, n stabil. Tapi kenapa msti ada yang kaya gini???
    ga costumer focus banget kan???

    Akhirnya ga perlu pikir panjang deh, msti resign dari nih operator n nyari yang lebih baik. pasti.

  9. Ohh… Indonesia ku .. tp orang Indo kayaknya emang dari dulu udah ditanamkan sistem marketing yang kurang sehat, mkn ada sebagian yang meng “Hallalkan” sistem marketing penwaran bohong2an..? ohh…so sad…! karena rakyat kita jg belum mau ambil pusing masalah teknis, cuma di pampang offer sebesar Brontosaurus “SEPPED UP TO 10Mbps” belum lg bonus nya, modem+laptop+mobil+KPR rumah dengan bunga kecil…?? langsung pada rebutan sampai kehabisan stock.. dan ujung2nya…?? hik…hik…hik… :-)

  10. Memang kacau … baru berlangganan sudah dipotong quota… seharusnya diberitahukan dulu kapan mau diturunkan dan kapan mau dinaikkan quotanya supaya pelanggan internet bisa tahu dan tidak kecewa kan begitu bukan?? ini.. senang naik dan tak senang diturunkan quotanya… gimana nih… 64kbps gimana browsing .. lama itu.. kenapa tidak ada boss besar mendirikan internet cepat murah yang bisa dipakai seluruh nusantara ya ??? why expensive neh…

  11. setuju bos…
    flashnya sekarang betul2 bikin dongkol dan pusing kpala.selalu susah connect n mslh pemotongan quotanya it lo yang bikin gregetan.
    demi mencari keuntungan mereka seenaknya motong quota tanpa permisi lalu kalau anda ingin menambah quota harus bayar lagi.
    pemotonga quota ini agar semakin banyak orang yang berkurang memakai flash dan diharapkan dapat mengembalikan kualitas flash sebagaimana sedia kala.
    cara yang aneh bukan?
    menurut saya ini sungguh cara yang licik dari sebuah perusahaan sebesar telkomsel.

  12. jangan dipakai lagi..
    mungkin itu jalan tercepat dan terbaik..
    nanti kl sudah kehabisan pelanggan..
    biar mereka mulai belajar menghargai pelanggan…

  13. telkomsel parah banget, lemotttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt

  14. benar bro telkomsel flash makin payah dan parah, waktu awal awal berlangganan saya download bisa mencapai 150KBps, sekarang 30 KBps aja nggak sampai, uang tagihan dibayar terus, bingung berhenti langganan kita butuh jaringan internet, nggak berhenti makan hati dan naik darah

  15. gue udah masuk bulan ke 2 pemakaian flash(agustus dan september), bulan pertama saya bayar, bulan kedua ini ogah wa bayar, pengen liat 3 bulan kedepan ada ngak yg berani nagih tagihan flash ke gue. serius kecewa banget gue, mana udah gue angkat2 tuh nama telkomsel flash supaya modem gue laku, kan gue jualan modem di bundle flash, orang yg beli modem ke gue komplen flashnya lemot dll, gue suruh mereka komplen (+ maki2) ke grapari.

  16. 1000% setuju.
    Gue pake flash yang basic 256Kbps, waktu tu gue pernah download sesuatu dgn speed yang gila mencapai 310 Kbps tapi cuma 1 jam, abis tu balik normal lagi ke sekitar 230-250 Kbps. Dan yang buat gue kecewa, tepat artikel di atas diposting (13 Sep 2009), speed normal flash gue cuma 25 Kbps dan kalo quotanya dah abis speednya turun menjadi 5 Kbps, padahal signal 3G nya FULL BAR.
    Apakah seperti ini pelayanan perusahaan negara?

  17. akhirnya… modem paketan FLASHku sudah aku jual… dasar FLASH sialan….
    seumur hidup ga bakalan lagi pake FLASH… ketipu dah gue….
    sekarang ini lagi gantian nyoba2 antara Fren/Mobi ama Smart pake modem CDMA EVDO.
    belum nentuin mo pake yang mana… tapi yang jelas jauh lebih baik dari FLASH DODOL itu… huehehehe…

  18. beuh,,,
    bagi yang belum beli ni produk saran saya “JANGAN PERNAH MENCOBA UNTUK MEMBELI”
    kalau tidak ingin menyesal dikemudian hari

  19. T-flash unlimited bikin booooring, pusing nge brosing jadi lemot and lammmmbat …apalagi donlot ….susahh banget..and lamadeh….katanya hsdpa ternyata kualitas di bawah gprs…gue kutuk perusahaanya bangkrut…udah nipu pelanggan..pula…saya saranin keluar rame rame yuuuuuuuuu……komplain dan keluhan ngga pernah ditanggapi …kalopun dijawab tunggu 2×24 jam …apaaan.tuh …udah ditunggu gue telpon lagi keluhan ang sama dijawab 2×24 jam..kalo dijumlah jadi 4 harian ..gila

  20. telkomsel..flash unlimited berubah jadi telkomhell Flash un—lemot—–ed …..laaaaaaaaaambat and lemot gue ke tipu …..

  21. T-Flash ogut udah kuremas-remas, kuinjak-injak sampe hancur, lalu kuludahi (chuih!) seolah-olah menghajar muka-muka penggede dan anak buah telkomsel yg ga mutu (websitenya t-sel aja lemot apalagi isi kantornya). Biarkan hancur agar tidak membuat sakit hati lebih banyak lagi orang.
    setuju ma bro kampret..

  22. ah anjing dari sore sampe subuh flash gwe lemot bngt,dasar flash sialan, flash it emg burut..jd gbsa speed cpt,,pusing dah gwe,gkn pke lg dc rugi gde gwe, mending buat kawin lgi dc kenyang2 punya istri 10,haha..

  23. Iya neh gw jg samaaaa….!!!Asli deh pinter banget ngegaet pelanggan…disaaat gw make t-flash empot2an dirumah,,,,eh ternyata di beberapa mall gw liat ada pameran si T-Flash yang gratis 3 bulan itu,,,,,gilaa kali ya,,,,jaringan gw n problem lain t-flash skrg aja belum solve malah ditambahin lg pelanggannya????Parahnya lagi….kita diwajibkan langganan setahun, tp belum setahun quota kita udah dipangkas setengahnya n sialnya kita gboleh berhenti berlanggnan sebelum setahun!!!!Kebijakan apalagi itu ??? gak fair banget,,,,mereka enak2an buat kebijakan baru dengan nurunin quota kita yang blm setahun sedangkan kita tetep dpaksa utk berlangganan setahun dengan kualitas yang semakin hari semakin paraaaaaaaaaaaaaaaaaahhh!!!!!!!!!!!!!ASLI GW KECEWA BANGET SAMA T-FLASH……………………x(

  24. setuja gan…….

    T-Flash lemaot BGT pa lgi stelah turun kcpatannya..
    ma siput ja cepetan siputnya..
    mgkin da sran ntuk provider sekarang yang memenuhi??

  25. TELKOMSEL Parah !!

    Setelah kemarin TELKOMSEL FLASH BERMASALAH, Rupanya Provider yg satu ini BELUM JERA.

    Kmrn setelah menurunkan Quota Drastis dari paket 2 GB ke 500 Mb.
    Mereka sempat meminta maaf (MAAF ??? HAHAHA)
    Dan setelah itu, kembali menjadi 2 GB.

    Sekarang, tanpa pemberitahuan ( LAGI-LAGI ) tertanggal 6 Maret 2010.
    Quota kembali ke 1 GB.

    Berikut keterangan SMS INFO (ketik UL INFO ke 3636 ) Dari bulan Maret hingga Hari Ini:

    From: 3636
    Date time: 11-02-2010 13:17:45
    Content: Sisa Fair Use Packet TSELFlash Unlimited Bulanan anda 1863 MB Berlaku s/d 06-03-2010 hingga pukul 23:59

    From: 3636
    Date time: 06-03-2010 04:37:17
    Content: Sisa Fair Use Packet TSELFlash Unlimited Bulanan anda 1024 MB Berlaku s/d 06-04-2010 hingga pukul 23:59

    Perhatikan SMS Tgl 11 Feb, 1863 Mb, artinya kita sbg pelanggan memiliki 2 Gb (berkurang stlh sy pakai)
    Dan perhatikan yg tertanggal 6 Maret, Blum saya pakai, karena hari ini, tanggal 6, hari dimana Telkomsel Flash saya Reset Quota menjadi FULL kembali. Brp kah angka itu?? YAP, 1024 MB !!
    Terlihat jelas bukan. Tanpa pemberitahuan, yg ada hanya membuat KESAL. Atau jgn2 pihak Telkomsel senang untuk di HUJAT ? Atau lbh senang dikutuk oleh semua mulut2 orang?

    NOT RECOMMEND ! Telkomsel FLASH tukang KORUPSI !! BERANTAS KORUPSI !!!!

  26. betull betull betull.. t-flash emang jadi lemot bgt. tapi bagi yg ga punya duit n ga pengen pindah, pake software aja yg buat ningkatin kecepatan internet. pake tweak master juga lumayan bagus, atau pake onspeed yang berbayar.

  27. KITA ANGKAT AJA TEMA INI “telkomsel in-lemot-ed” KE PUBLIC.
    LEWAT FACEBOOK ATO APALAH BIAR MENEJEMEN TELKOMSEL JADI SADAR ARTI PENTING DARI KEPERCAYAAN PELANGGAN, INSYAALLAH INI BUKAN PENCEMARAN NAMA BAIK, TAPI SEKEDAR PUBLIC OPINI. trims

  28. Yah! aq juga sama’ . Aq pake’ T-flash yg unlimited. Kini lemoooooooooooooooooooooooooooot buanged! Sampai – sampai mampir k website ini aja perlu tunggu waktu 10 menit. Emang sich pertamanya tuch kenceng banget, tp klau dah se-tahun, make’ kuota lagi dech menjadi 2GB! Gue cuma’ sebentar make’nya.

  29. ya…itulah…..GSM indonesia sekarang kebanyakan promosi ,,,gak ada bukti….omong kosong….mending pke CDMA..promosi nya lebih akurat……sabar…….

  30. BANGSAT NAFSU GW !!!! MASA KECEPATAN DOWNLOAD CUMA 8 Kbps !!!! NAJONG BGT !!!! CUIH !!!!

  31. kalo ingin akses internet yang bagus uang yang dikeluarinnya pun harus besar. Contoh: indosat ngeluarin layanan volume based dengan tarif 4perak/1kb dengan kecepatan 3MB, dan sampai sekarang kecepetannya tetep konsisten… masalahnya adalah biayanya coba bayangkan bila kita mendownload file ukuran 10MB berarti 4×10000 = 40.000 :)

  32. saya baru menggunakan telkomsel flash 3 hari ternyata sering terjadi time out, kemudian muncul juga reset……….. apaan sih??????????????
    loding untuk masuk di google membutuhkan waktu 10 menit………….. dasar tidak tahu malu… malunya ditaru di mana??????????
    sudah komplen ditelphonin 116 tapi jawabannya sama.. tugu.. kami akan segera memperbaikinya………………….. laknat loeeeeeeeeeeeee semua…………………..

  33. “Aaaaaaaaaaaaaaaa aapa aaaaaaaaapaaan ini, baru jd pengguna baru telkomsel unlimited 3 hr pertama sangat teramat sangat banged sekali mengesankan kecepatanya tapi setelah itu amblas dah koneksinya turun drastis jd gprs, aaaaaaaaa aaaaapaa aaapaaaan ini!!!”Telkomsel Stressssssssssssssssszzzzzzzzz………….saya gila dibuatnya!!!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>